Belajar Copywriting SEO Untuk Pemula

Belajar Copywriting SEO Untuk Pemula - Artikel kali ini adalah tentang copywriting. Mari kita pahami betapa pentingnya memiliki konten berkualitas tinggi di situs yang kita kelola. Jelajahi elemen penting dari konten yang telah kita buat. Membuat konten yang berkualitas dengan keterbacaan yang mudah dipahami oleh pengunjung adalah kunci utama untuk meningkatkan Visitor dan SEO.


Copywriting SEO Pemula

Daftar Isi


Pentingnya Konten Yang Berkualitas


Konten berkualitas tinggi adalah salah satu yang terpenting persyaratan strategi SEO yang sukses. Penulisan konten membutuhkan beberapa keterampilan menulis kreatif. Berusahalah menulis konten dengan baik. Ada beberapa alasan mengapa Anda harus berusaha menghasilkan konten yang berkualitas. Sesuai dengan Misi Google adalah :


“Mengatur informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan berguna secara universal.” 


Sehingga dapat disimpulkan bahwa kita harus memberikan informasi kepada para pengunjung sebaik mungkin. Informasi yang bermanfaat dan sesuai dengan sumbernya. Selain itu, konten yang bagus adalah suatu keharusan, karena membantu Anda membedakan diri Anda dari hasil lainnya. Selanjutnya, Penulisan konten yang berkualitas sangat penting karena dapat meningkatkan pengalaman pengguna, yang merupakan kuncinya aspek SEO. Konten yang bagus hanyalah bagian dari memberikan layanan yang baik kepada pelanggan atau pengunjung.

 

Efek Positif Pada SEO 


Menulis konten berkualitas dan terbaik tidak hanya bermanfaat bagi pengunjung situs. Konten yang berkualitas juga memiliki efek positif terhadap SEO. Mari kita telusuri beberapa efek positif pada SEO terkait Konten yang berkualitas.

 

1. Pesan Anda Akan Lebih Baik


Setiap posting blog memiliki beberapa jenis pesan. Pesan ini adalah tujuan dari tulisan itu: apa yang ingin kamu katakan? Apa haruskah pembaca mengambil bagian Anda? 


Sebagai contoh Artikel yang Anda tulis tentang informasi Produk yang Anda jual. Jika halaman produk Anda ditulis dengan buruk, kemungkinan besar bahwa orang tidak akan memahami pesan Anda. Jika konten yang Anda tulis dipikirkan dengan baik, terstruktur dengan baik dan bebas dari kesalahan eja dan kesalahan ketik, kemungkinan jauh lebih tinggi bahwa orang memahami pesan yang disampaikan tulisan Anda. 


Menariknya, menyampaikan pesan Anda ke mesin pencari bekerja dengan cara yang sama. Jika Anda menyusun tulisan Anda dengan baik dan menulis jelas, Google lebih cenderung memahami tentang konten apa yang Anda tulis. Tentu saja, hal ini dapat memengaruhi peringkat Anda secara positif di penelusuran Google.

 

2. Rasio Pentalan Yang Lebih Rendah


Jika konten Anda ditulis dengan baik dan terstruktur dengan baik, kemungkinan besar jauh lebih tinggi sehingga pembaca akan tetap berada di situs Anda untuk membaca postingan Anda. Itu akan menghasilkan rasio pentalan yang lebih rendah (persentase orang yang membuka situs web Anda, dan tidak melakukan apa pun pada halaman yang mereka masukkan), dan pada akhirnya akan meningkatkan peringkat di mesin pencari.

 

3. Lebih Terpercaya


Potongan berkualitas tinggi akan menghasilkan kepercayaan lebih dari pembaca Anda. Jika konten Anda terbaca dengan baik dan bebas dari kesalahan ketik, akan terlihat lebih profesional dan sah. Ini akan memudahkan orang untuk mempercayai Anda sebagai penulis dan blog Anda. Jika orang mempercayai blog Anda, mereka akan percaya diri dan lebih cenderung untuk kembali ke situs web Anda untuk membaca posting Anda berikutnya, atau untuk membeli produk Anda.

 

4. Lebih Banyak Perhatian (Media Sosial)


Posting blog yang menarik lebih cenderung dibagikan di media sosial atau dibicarakan di antara teman. Untuk postingan yang akan dibagikan di sosial media, pertama-tama Anda harus meyakinkan seseorang untuk membaca karya itu sendiri. Dan yang lebih penting, seseorang harus memikirkan postingan Anda cukup mengagumkan untuk dibagikan di timeline mereka di Facebook atau Twitter (atau media sosial lainnya).

  

Unsur-Unsur Konten Hebat 


Sebelum Anda dapat mulai menulis konten Anda, penting untuk menemukan yang tepat kata kunci fokus, seperti yang telah kita bahas di pelajaran sebelumnya. Jika Anda menghendaki peringkat tinggi dalam hasil pencarian, Anda harus mencari tahu kata-kata apa yang dicari audiens atau pengguna internet. Setelah anda riset barulah kata-kata tersebut yang nantinya digunakan untuk kata kunci konten yang Anda tulis.


Setelah melakukan penelitian kata kunci dengan benar, waktunya untuk menulis konten. Konten berkualitas tinggi dan ramah SEO memiliki tiga pedoman dasar. Mari kita bahas 3 pedoman dasar konten berkualitas tinggi dan ramah SEO.


1. Konten Original


Pedoman pertama konten berkualitas tinggi dan ramah SEO adalah menulis konten original. Postingan blog atau artikel Anda harus berbeda dari yang lain dengan Postingan blog dan artikel yang sudah ada di internet. Buatlah konten supaya dibaca oleh seseorang. Konten asli tidak selalu berarti konten baru. Misalnya, memberikan pendapat Anda tentang topik tertentu, atau memberikan gambaran umum terstruktur dari informasi lama, juga dianggap Original konten.

 

2. Konten Harus Dapat Dibaca


Pedoman kedua Artikel Anda harus mudah dibaca. Keterbacaan itu penting untuk audiens Anda. Jika tulisan Anda terstruktur dengan baik dan jelas, orang-orang akan memahami pesan yang disampaikan tulisan Anda. Orang membaca tulisan Anda, tetapi Google juga membaca tulisan. Jika tulisan Anda lebih mudah dibaca, memiliki struktur yang jelas dengan subpos dan paragraf yang jelas, Google lebih cenderung menangkap pesan utama dari posting Anda. Jika Google memahami pesan dari posting Anda, posting Anda lebih dari itu kemungkinan mendapat peringkat di mesin pencari.

 

3. Konten Harus Dapat Ditemukan


Pedoman Ketiga dari konten yang mengagumkan dan ramah SEO adalah membuatnya yakin konten Anda dapat ditemukan. Findability berkaitan dengan memaksimalkan kemungkinan Google mengambil konten Anda di mesin pencari. Penting bagi Anda untuk mengambil langkah terakhir ini setelahnya Anda telah menulis postingan asli dan dapat dibaca. Dapat ditemukan daan jangan pernah mengkompromikan orisinalitas ide Anda, atau keterbacaan tulisan Anda.

  

Seperti apa konten yang dapat dibaca itu? Pertama-tama, tulisan yang dapat dibaca adalah tulisan yang terstruktur dengan baik. Penulisan konten terstruktur harus mempunyai elemen-elemen penting dalam Artikel. Bagian penting Artikel meliputi : Pendahuluan atau latar belakang, Pembahasan terperinci dan Kesimpulan.


Struktur Penulisan Konten SEO
Gambar : Struktur Ideal Konten 


Selain elemen struktural tersebut, Anda juga harus mempertimbangkannya elemen gaya. Tulisan Anda harus enak dibaca. Artikel haruslah singkat dan jelas dan hindari penulisan yang panjang dan berbelit-belit. Tulis kalimat yang tidak terlalu panjang dan gunakan Kata Transisi untuk menunjukkan hubungan antara kalimat dan paragraf. Kata transisi adalah kata-kata seperti "kontras", "tambahan", atau "karena itu". 


Kata-kata ini memberi arahan bagi pembaca Anda saat membaca tulisan Anda. Terakhir, jangan berlebihan dengan bahasa yang rumit. Jangan mengisi kalimat Anda dengan kata-kata yang panjang dan sulit. Gunakanlah kata-kata yang lebih sederhana untuk mendapatkan efek yang sama.


Pentingnya keterbacaan


Setelah membahas secara singkat tentang mengapa keterbacaan itu penting. Sebelum kita masuk ke analisis keterbacaan,  terlebih dahulu memahami mengapa keterbacaan sangat penting untuk strategi SEO Anda.

 

1. Fokus Pada Audiens Anda 

Yang terpenting, keterbacaan itu penting karena Anda ingin fokus audiens Anda dan pengalaman membaca mereka. Anda ingin tulisan Anda menjadi menyenangkan untuk dibaca, dan Anda ingin pembaca Anda dapat memahami pesan posting Anda dengan cepat.

 

2. Tulisan Yang Dapat Dipindai 

Selain itu, penting agar tulisan Anda dapat dipindai. Orang ingin menjadi dapat dengan cepat memindai halaman untuk mendapatkan gambaran umum tentang konten halaman Anda . Orang ingin tahu apakah tulisan Anda memberikan jawaban untuk pertanyaan mereka, sebelum mereka membaca artikel sepenuhnya.

  

3. Memisahkan Tulisan Menjadi Paragraf yang Diawali Dengan SUBPOS 

Memudahkan pembaca Anda untuk memutuskan apakah mereka mau atau tidak membaca artikel Anda, atau bagian mana yang ingin mereka baca. Hal yang sama berlaku untuk kalimat topik. Orang cenderung membaca kalimat pertama dari setiap paragraf saat mereka memindai tulisan. Karena itu, pastikan gabungkan elemen-elemen ini ke dalam tulisan Anda.


4. Algoritme Peringkat Google 

Ada juga algoritma peringkat Google untuk dipertimbangkan. Google menjadi lebih pintar dalam cara mengevaluasi situs web. Untuk menentukan topik dari sebuah halaman, Google menggunakan beberapa faktor yang sama dengan pembaca manusia, seperti judul dan subpos. Anda ingin Google melakukannya memahami pesan tulisan Anda, karena jika ya, itu lebih mungkin bahwa pos Anda akan diberi peringkat.

 

5. Pencarian Suara 

Saat penelusuran suara menjadi semakin penting, keterbacaan menjadi lebih penting juga. Saat Anda menggunakan pencarian suara misalnya, aktif ponsel atau Google Home - Anda mungkin mendapatkan hasil lisan untuk istilah pencarian Anda. Dalam hal ini, Anda tidak ingin terlalu banyak mendengarkan kalimat yang panjang dan berbelit-belit. Jika kejelasan penting saat membaca tulisan, itu bahkan lebih penting untuk memahami pesan lisan.


Pemeriksaan Keterbacaan 


Berikut contoh Pemeriksaan tentang keterbacaan Konten yang Anda tulis : 

1. Kata transisi 

Apakah Anda menggunakan kata-kata transisi seperti 'yang terpenting', 'karena', 'Oleh karena itu' atau 'selain'. Menggunakan kata-kata ini meningkatkan aliran artikel Anda karena memberikan petunjuk ke pembaca tentang apa yang akan datang selanjutnya.

 

2. Kalimat awal 

Apakah ada kalimat berurutan yang dimulai dengan kata yang sama? Ini dapat dengan cepat menjadi berulang dan mengganggu. Selalu campur aduk kalimat Anda agar artikel Anda tetap terbaca dan bebas dari rintangan.  


3. Kemudahan membaca Flesch 

Tes terkenal di dunia ini menganalisis tulisan dan menilai mereka dalam skala dari 1-100. Semakin rendah nilainya, semakin sulit untuk membacanya tulisannya. Tulisan dengan skor kemudahan membaca Flesch yang sangat tinggi (sekitar 100) sangat mudah dibaca. Mereka memiliki kalimat pendek dan tidak ada kata-kata lebih dari dua suku kata. Biasanya, skor kemudahan membaca 60-70 diyakini dapat diterima untuk salinan web.  


4. Panjang paragraf 

Beberapa orang cenderung menggunakan paragraf yang sangat panjang. Melakukannya membuat tulisan Anda terlihat menakutkan, karena hanya menjadi satu gumpalan besar. Pisahkan, gunakan paragraf yang lebih pendek dan masukkan subpos.  


5. Panjang kalimat 

Panjang kalimat adalah salah satu masalah inti yang membuat tulisan sulit dipahami dan di Baca. Jika kalimat Anda terlalu panjang lebih dari 20 kat, orang mungkin kehilangan jejak poin Anda. Seringkali, pembaca harus melompat kembali ke beberapa kata untuk memahami apa yang Anda maksud. Ini sangat melelahkan dan tidak efisien. Cobalah untuk memasukkan jumlah kata dalam sebuah kalimat. Persingkat kalimat Anda. Bertujuan untuk tulisan yang jelas dan sederhana, bukan karya sastra yang kompleks. 


6. Kalimat pasif 

Kalimat pasif adalah konstruksi gramatikal, dimana kata benda atau frase kata benda yang akan menjadi objek kalimat aktif muncul sebagai file subjek kalimat kalimat pasif. Menggunakan banyak kalimat pasif dalam tulisan Anda membuatnya tampak jauh, dan pesan Anda akan menjadi kurang jelas. Kalimat menjadi bertele-tele dan sulit dipahami karena pembaca bekerja lebih keras untuk memahami struktur kalimat. Kapanpun Anda menggunakan kalimat pasif, selalu pertimbangkan apakah lebih baik atau buruk.


Kesimpulan 

Konten berkualitas tinggi adalah salah satu yang terpenting persyaratan strategi SEO yang sukses. Ada beberapa alasan mengapa Anda harus berusaha menghasilkan konten yang berkualitas. Sesuai dengan misi Google adalah:


“Mengatur informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan berguna secara universal.”


Konten yang berkualitas juga memiliki efek positif terhadap SEO. Konten berkualitas tinggi dan ramah SEO memiliki tiga pedoman dasar yaitu :

  • Konten Original
  • Konten harus dapat dibaca,
  • Konten harus dapat ditemukan (Findability)

Pemeriksaan tentang keterbacaan Konten yang Anda tulis

  • Kata Transisi
  • Kalimat awal
  • Panjang paragraf
  • Panjang Kalimat, dan
  • Panjang paragraf
  • Kemudahan membaca Flesch
  • Kalimat Pasif

Referensi : "Yoast Academy"


Sekian untuk Artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk pembaca semua. Tetap semangat dalam mencari Ilmu, Amalkan dan bagikan. Selamat berkreasi dengan ide-ide terbaik Anda.

LihatTutupKomentar

This Blog is protected by DMCA.com