Memilih Layanan Web Hosting Terbaik

Memilih Layanan Web Hosting Terbaik-Sebelum Anda memilih layanan Web Hosting yang terbaik dan teruji, ada baiknya anda mengetahui apa itu Hosting dan Domain. Setelah Anda memahami keduanya diharapkan bisa memilih Layana Web Hosting Terbaik. Pelajari terlebih dahulu spesifikasi, service dan fitur-fitur lainnya yang ditawarkan oleh masing-masing penyedia layanan Web Hosting tersebut. Jangan sampai Anda kecewa dikemudian hari, karena buruknya penyedia layanan Web Hosting. Merupakan kewajiban sebagai Web Master dalam memilih Web Hosting untuk Website yang dikelola dengan sangat teliti.


Web Hosting


Sedikit pembahasan tentang Apa itu Domain? dan Apa itu Hosting?

Daftar Isi


A. Pengertian Domain dan Hosting 


Domain 


DNS (Domain Name System, bahasa Indonesia: Sistem Penamaan Domain) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database)di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. DNS menyediakan alamat IPuntuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surat elektronik (email) untuk setiap domain. 


DNS menyediakan servis yang cukup penting untuk Internet, bilamana perangkat keras komputer dan jaringan bekerja dengan alamat IP untuk mengerjakan tugas seperti pengalamatan dan penjaluran (routing), manusia pada umumnya lebih memilih untuk menggunakan nama host dan nama domain, contohnya adalah penunjukan sumber universal (URL) dan alamat e-mail. DNS menghubungkan kebutuhan ini.


Domain terdiri dari 2 jenis, yang pertama Domain Redirect yang disebut juga URL Redirect, meneruskan (forward) dari satu alamat domain ke alamat domain lain. Contoh: pengunjung mengetik di browser dengan alamat http://www.domain-A.com. Domain Redirect meneruskan ke www.domain-B.com dengan tampilan di alamat browser http://www.domain-B.com. Yang kedua Domain cloaking atau URL Frame adalah fitur domain yang digunakan untuk menyembunyikan alamat/domain asli pada tampilan di browser. 


Pada umumnya digunakan untuk membuat nama domain anda kelihatan lebih professional atau sekedar mudah diingat. Sebagai contoh, misalnya alamat URL website anda sekarang adalah 'www.geocities.com/~website-anda/', dengan domain cloaking, nama URL anda yang panjang itu. Hosting Hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP atau DNS.


B. Hubungan Domain dan Hosting 


Domain dikenal orang awam dengan .com. Padahal .com itu hanyalah sebuah entiti dari sekian banyak entiti domain dunia seperti .net, .edu, .co, .tv, .info dan lain lain.Nama domain yang dimiliki si pemilik domain akan diterjemahkan oleh DNS (Domain Name Server) yang akan mempointing ke alamat hosting pemilik. Sehingga setiap permintaan yang datang dari nama domain pemilik akan diarahkan ke alamat hosting pemilik untuk dilayani. Seperti misalnya jika pemilik memasukkan nama domain pemilik ke URL bar Internet Explorer, proses yang terjadi adalah DNS akan mengarahkan permintaan pemilik ke alamat hosting kamu, mengambil data yang diperlukan dan menampilkannya di Internet Explorer. 


Biasanya penyedia jasa hosting juga melayani permintaan domain, tapi dagang domain belum tentu jual hosting. Tipe - tipe penyedia layanan hosting dapat dibedakan menjadi 2 yaitu berdasarkan : 


Secara teknis

Shared, maksudnya penyedia layanan hosting memiliki hak atas 1 buah mesin/server yang kemudian digunakan untuk melayani banyak user.( bisa puluhan).
Semi dedicated/vps, pengertiannya seperti sistem Shared hanya saja, 1 mesin / server tersebut dibagi dengan sedikit user (4-8 orang).
Dedicated, artinya penyedia layanan hosting mengkhususkan 1 mesin / server milik satu orang user. 


Secara fungsi

Reseller, artinya penyedia layanan hosting tersebut membeli layanan hosting dari penyedia layanan utama dan menjualnya kembali ke user. 
Mail server, menyediakan hosting data email. 
Filesharing, menyediakan jasa menyimpan file-file dalam berbagai format. 



C. Jenis Domain dan Penggunaannya 


Secara umum, domain name terdiri atas dua jenis, yaitu: 

Generic Domains (gTLDs)

Merupakan domain name yang berakhiran dengan .Com .Net .Org .Edu .Mil atau .Gov Jenis domain ini sering juga disebut top level domain dan domain ini tidak berafiliasi berdasarkan negara, sehingga siapapun, dapat mendaftar.
 
.com: merupakan top level domain yang ditujukan untuk kebutuhan "commercial". 
.edu: merupakan domain yang ditujukan untuk kebutuhan dunia pendidikan (education) 
.gov : merupakan domain untuk pemerintah (government) 
.mil : merupakan domain untuk kebutuhan angkatan bersenjata (military) 
.org : domain untuk organisasi atau lembaga non profit (organization). 

Country-Specific Domains (ccTLDs)

Yaitu domain yang berakhiran dengan dua huruf ektensi, dan sering juga disebut second level domain, seperti .id (Indonesia), .au (Australia), .jp (Jepang) dan lain-lain. Domain ini dioperasikan dan didaftarkan dimasing negara. Di Indonesia, domain-domain ini berakhiran, .co.id, .ac.id, .go.id, .mil.id, .or.id, dan pada akhir-akhir ini ditambah dengan war.net.id, sch.id, dan web.id.Pengguna domain ini dikenakan biaya sebesar Rp. 150.000,- ditambah pajak 10 %, kecuali untuk go.id, dan sch.id tanpa dikenakan biaya. 

.co.id : Untuk Badan Usaha yang mempunyai badan hukum sah 
.ac.id : Untuk lembaga pendidikan 
.go.id : Khusus untuk Lembaga Pemerintah Republik Indonesia 
.mil.id : Khusus untuk Lembaga Militer Republik Indonesia 
.or.id : Untuk segala macam organisasi yang tidak termasuk dalam kategori "ac.id", "co.id", "go.id", "mil.id", "net.id" dan lain-lain. 
.war.net.id : untuk industri warung internet di Indonesia 
.sch.id : khusus untuk Lembaga Pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan seperti SD, SMP dan atau SMU 
.web.id : Ditujukan bagi badan usaha, organisasi ataupun perseorangan yang melakukan kegiatannya di World Wide Web.

D. Jasa penyedia domain dan hosting 


Bagi anda yang ingin membuat website silahkan pilih Penyedia layanan Hosting yang teruji. Sangat berpengaruh sekali terhadap kelancaran dan keamanan website kita. Penyedia layanan Hosting sekarang sudah memakai SSD, sehingga website jadi semakin cepat bila diakses. Berikut rekomendasi dari Moco Roso jika Anda memilih Layanan Hosting di Indonesia. Contoh penyedia layanan Hosting terbaik antara lain:

 

Web Hosting Gratis

Web Hosting Terbaik di Indonesia

 

Layanan Terbaik Hosting Lainnya

000Webhost.

Niagahoster.

Hosting web Google Cloud

Wix.

IDwebhost.

A2 Hosting

InfinityFree.

Hostinger.

SiteGround

Awardspace.

DomaiNesia.

FastComet

Freehostia.

IdCloudHost.

dll.

Freehosting.

JagoanHosting.

 

dll.

SiteGround.

 



E. Kesimpulan 


DNS (Domain Name System) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan computer adalah jasa layanan internet yang menyediakan server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP atau DNS. 


Secara umum, domain name terdiri atas dua jenis, yaitu: Generic Domains (gTLDs) dan Country-Specific Domains (ccTLDs). Pertimbangkan dalam memilih layanan web hosting, web hosting Gratis, Web hosting Berbayar dalam Negeri (Indonesia) atau Web Hosting Berbayar Luar Negeri.


Itulah sekilas penjelasan tentang Domain dan Hosting. Semoga dapat menambah wawasan pembaca sekalian dan dapat bermanfaat untuk referensi pemilihan Layanan Hosting.

LihatTutupKomentar

This Blog is protected by DMCA.com